0 Shares Views
[posts type=carousel-post-slider]

KPK Terima 362 Laporan Dana Desa

Tribun Celebes.com. Jakarta.Berbagai Permasalaha yang timbul sejak di gelontorkan kannya Dana Desa sejak 2015 lalu tahun 2017 ini sudah hampir Rp60 triliun, bahkan rencana tahun depan sekitar Rp120 triliun,” kata Rosari.Staf Ahli Mendes PDTT Bidang Hubungan Antar Lembaga Ir. Rosari Tyas Wardani, MMA.
Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga Januari 2017 telah menerima sebanyak 362 laporan adanya dugaan tindak pidana korupsi terkait dana desa. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dari 362 pengaduan ada 87 laporan yang akan diusut dalam kasus penyimpangan itu.

“Kami (KPK) akan tindaklanjuti 87 laporan itu, selebihnya tidak bisa kami tindaklanjuti karena kurang cukup bahan keterangannya,” ujar Febri melalui keterangan tertulis, Minggu (29/1/2017).beberapa saat yang lalu.

Febri menjelaskan, 87 laporan itu nantinya akan diteliti dan dipelajari untuk memastikan tindakan apa yang akan ditempuh atau diambil oleh penyidik KPK. Namun, jika bahan keterangannya dinyatakan cukup, maka KPK bisa menaikkan statusnya menjadi penyelidikan.

“Ini masih perlu kami telaah lebih dalam lagi,” katanya.

Melihat antusias laporan itu, Febri mengapresiasi masyarakat yang telah berani melaporkan atas adanya indikasi tindak pidana korupsi. “Ini sebenarnya untuk mendorong partisipasi masyarakat yang lebih luas agar mengawasi dana desa di masing-masing lokasi mereka,” tambahnya. (kri).demikian dikutip dari tulisan Puji Kurniasari

Leave a Comment

Your email address will not be published.