0 Shares Views
[posts type=carousel-post-slider]

PLD Cilacap Bangun Konsep Embung Plastik

Tribun Celebes.com, – Membangun embung telah menjadi bagian dari 4 pilar pengalokasian dana desa yang di tegaskan olrh menteri desa di tahun 2017. selain Badan usaha Milik Desa(Bumdes),Sarana Olah raga Desa dan Produck unggulan Desa (Prokudes).

Embung adalah wadah penampungan air hujan atau air dari sumber lain yang di simpan dan di pergunakan dimusin kering,wadah embung ini di konsep dalam wadah galian tanah yang biasa di patenkan dengan pasangan konstruksi batu atau pengecoran yang dimaksudkan agar bertahan dalam waktu yang lama dan mampu menampung air.

[share][/share]

Foto/bumdes nusantara collection

lain dengan konsep lambang wijaya Kusuma,ketua kelompok tani “Cabai mekar” membangun embung dengan konsep alas plastik yang di lebarkan dibagian lantai dan dinding galian, karna kerebatasan lahan pertanian ruang yang digunakan untuk membuat embung ini hanya sekitar Panjang 2m x lebar 3m dan kedalaman sekitar 2m namun di buat di banyak tempat untuk memenuhi kebutuhan air pertanian.embung plastik ini di buat di setiap luas 1/7Ha lahan Pertanian.

[share][/share]

Foto/bumdes nusantara collection

Ceceng (nama sapaan lambang Wijaya Kusuma)ini telah membina kelompok tani cabai mekar selama 4 tahun.
Kelompok tani ini yang berlokasi di desa Hanum dusun Sudi mampir ini beranggotakan 120 orang Kalo
namun yg kelompok tani Cabe ada 15 orang setiap anggota kelompok tani Cabai memiliki tanaman cabai sekitar antara 5000-20.000 batang atau luas lahan sekitar 0,5Ha hingga 2,0ha
(semetara setiap 1ha =10000 batang)dengan penghasilan petani sekali panen.sekira 40juta hingga 200juta,
dan juga dalam mengelolah pertanian cabe ini kelompok tani cabe mekar menerapkan nutrisi alami tampa kimiawi,
“semua pupuk dan racun hama yang kami gunakan tidak ada yang memiliki kadar kimia semua yang kami terapkan adalah pupuk dan racun alami demi menjaga higienitas produk cabai kami”
demikian Ungkap cecengketua kelompok tani yang Juga seorang Pendamping Lokal Desa sejak Desember 2016 lalu.

@om-Trics.

Leave a Comment

Your email address will not be published.