0 Shares Views
[posts type=carousel-post-slider]

Adventure Trail,Antara Hobby dan Tugas Pendamping Desa.

“Tugas saya pendamping desa,trail itu kendaraan saya dan hobby adventure trail itu adalah melatih kesabaran, membangun kebersamaan,menemukan inspirasi baru dan menantang keberanian”.
Oleh:Samuel Rianto Tappi (Tegas)

Adventure-tegas-Collection

Pendamping Desa adalah tugas dan tanggung jawab,Hobby adventure trail menunjang aktifitas saya selaku pendamping di wilayah yang ekstrim seperti toraja utara,dari kebutuhan akhirnya menjadi hobby.
Terlibat dgn olah raga ekstrem ini butuh perpaduan: keberanian, kesabaran, ketelitian, kepekaan dan tentu pula kebutuhan dana karna kelengkapan produck safety dan alat alat variasi nya lumayan mahal megorek kantong,mengorek gaji sebagai tenaga pendamping.

Adventure-tegas-Collection2

Cerita awalnya ada pada Sekitar akhir tahun 2012 ketika awal keluarnya motor trail produck baru. maka berduyun-duyunlah beberapa teman yg bekerja sebagai Fasilitator baik Fasilitator Kecamatan (FK) dan Fasilitator Teknik (FT) PNPM Mandiri Perdesaan, karna kebutuhan medan kecamatan dampingan yg memang sulit, lalu kami membentuk komunitas internal diantara FK dan FT PNPM saling membantu dalam pelatihan dimasing-masing lokasi selain juga saling membantu dalam urusan perencanaan kegitan pembangunan fisik desa seperti pengukuran, desain dan RAB PNPM.Mandiri Saat itu
Pada Mei 2013 kami resmi membentuk komunitas trail.
Delapan orang Fasilitator Kecamatan (FK) dan Fasilitator Teknik (FT) PNPM Mandiri Perdesaan, yang bergabung
Dari dua Kabupaten yakni Kabupaten Toraja dan kabupaten Toraja Utara yg diberi nama “MOXART”(Moto X Adventure Toraja) , dan saya salah satu penggagasnya.
Dan kedelapan orang FK/FT PNPM pun ikut sebagai pendiri perkumpulan tersebut,dan sampai skrg saya ditunjuk sebagai sekretaris sejak tahun 2015,silam.

Adventure-tegas-Collection3

Komunitas ini paling banyak berisi tenaga-tenaga pemberdayaan mulai pendamping desa, fasilitator PPiP, Pansimas, PKH dan berjaringan dengan Komunitas Trail Kemendagri dan Kemendes dan sdh beberapa kali difasilitasi turing bersama di Toraja Kabupaten Tana Toraja
Secara organisasi ada 3 tujuan awal berdirinya organisasi Moxart:
1. Misi kemanusian untuk daerah terisolir khususnya yg kena dampak bencana alam
2. Membantu pemerintah memperkenalkan potensi obyek wisata alam.
3. Wadah kebersamaan hobby otomotif roda dua.
Secara pribadi saya tetap memilih olah raga ini dan hubungannya dengan tugas saya sebagai pendamping desa,dengan alasan alasan,

Adventure-tegas-Collection5

1. Pekerjaan pemberdayaan masyarakat sangat menguras tenaga, waktu dan pikiran sehingga perlu wadah untuk refreshing sekaligus membutuhkan stimulasi ide ide baru, adventure dipedalaman, perdesaan, perkampungan meringankan beban pekerjaan sekaligus memberi inspirasi baru.
2. Kunjungan informal kepelosok dan bahkan ke lokasi yg paling ujung yg sulit dijangkau dgn kendaraan biada akan terjangkau, kedatanganpun bukan kapasitas sebagai pendamping desa jadi diskusi dan pencarian informasi dari masyarakat asyik dan akrab.
Banyak kondisi pekerjaan dan kondisi masyarakat yang real justru didapatkan dari kunjungan lewat hobby trail, dan tentu banyak pengalaman berharga yg saya dapat dari adventure yang saya lakukan dengan komunitas saya.
seperti eksplorer adventure di Pinrang memasuki wilayah paling terpencil Kab Pinrang yakni desa mesa’ kada, disitu saya bebas bercerita dan mendapat informasi dari kepala desa yang mana mereka mengedepankan pemberdayaan dibanding kegiatan fisik,berbeda dengan desa desa lain di wilayah kerja saya.
demikian pula didaerah Kabupaten Mamasa, daerah Seko di Kabupaten. Luwu Utara, Bastem di daerah Kab. luwu, dll.
Pengalaman berharga yg yang telah aku lakukan selalu menjadi motivasi yang saya sampaikan kepada PD, PLD dan kepala -kepala Lembang di Toraja Utara.

3. Kadang pengalaman ber keliling adventure ketika melihat proses pekerjaan lembang (desa) lain, saya jadikan acuan melakukan kunjungan.

…Bagi saya adventure trail itu bukan soal bagaiamana menalukkan jalur dan route yg dilalui tapi bagaimana bisa menikmati alam, bercengkrama dengan masyarakat dan membangun kebersamaan dengan komunitas.

Riwayat Penulis:
Nama lengkap : Semuel Rianto Tappi’,(Sapaan: tegas) -37 Tahun
Alamat lengkap: Dusun Buntao’, Lembang Issong Kalua, Kecamatan Buntao, Kab. Toraja Utara
Pekerjaan : Tenaga Ahli PSD/Korkab Kab. Toraja Utara
Pekerjaan sebelumnya :
Sekretaris program Yayasan Lingkungan Hidup (Lilin) 2010-2014.
Fasilitor Kecamatan PNPM MPd Kecamatan 2011-2014,
Staf Aliansi Masyarakat Adat Toraya 2004-2006
Istri : Herimati Peronika Siranga, S.Th -Honorer Guru
Nama Anak :
1. Tri Satya Gandhi umur 9 tahun, kelas 3 SD-
2. Keanu Dianto Kinaa, umur 4 tahun, belum sekolah.
Post; Om-Trics

Leave a Comment

Your email address will not be published.