0 Shares Views
[posts type=carousel-post-slider]

Forum Mabbaranie, Gerakkan Warga Peduli Desa Pongka

BONE- TRIBUNCELEBES.COM–Menganggap pemerintah Desa tidak maksimal dalam meningkatkan pembangunan, pemuda dan masyarakat membentuk Forum Mabbaranie yaitu forum pemuda yang peduli dengan kondisi pembangunan Desa, kemudian forum ini menggagas pengumpulan dana dengan membuka wadah kepedulian warga atau membuka donasi dengan tagline ‘Dengan gotong royong semua tertolong’

Aksi kepedulian pemuda dan warga berawal dari keprihatinan akan kondisi jalan Desa yang juga merupakan akses transportasi produk pertanian yang nyaris tak dapat di fungsikan sebagaimana layaknya.

Herman ketua DPDS LAKI 45 Desa Pongka Kec. Tellusiattingnge  Laskar Anti Korupsi Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas sekaligus kritikan kepada pemerintah daerah. “Teman teman pemuda warga desa Pongka kecewa melihat kondisi jalanan kampung yang tak kunjung diperbaiki, hanya dijanji pada moment pilkada namun realitasnya hingga saat ini tidak ada. Jadi ini adalah bentuk kritikan kepada pemerintah daerah”.
Arman Pegiat Desa menambahkan bahwa masyatakat juga mempertanyakan manfaat Dana Desa

“Bukan hanya itu masyarakat desa Pongka mempertanyakan banyaknya dana desa yang digelontorkan pusat untuk stimulan pembagunan Dasar dan mendesak Desa serta untuk meningkatan perekonomian masyarakat itu dipergunakan untuk apa? Kami tidak merasakan manfaatnya padahal ini sudah 5 tahun berjalan”.
Melihat kondisi jalan utama Desa yang di dusun Ajang Kalung dengan panjang sekitar 2 Km merupakan akses Utama pengangkutan produk pertanian ini hampir lumpuh karena kondisinya rusak parah apalagi saat musim hujan sangat sulit dilintasi pengguna jalan.
Arman menjelaskan awal pembentukan Forum pemuda yang peduli dengan kindisi pembangunan yang ada di Desa, “Teman Teman pemuda melihat masalah tersebut sontak berinisiatif untuk mengambil tindakan dengan mencoba membangun forum pemuda yakni “Forum Pemuda Mabbaranie” yang dalam waktu sjngkat berhasil mengumpulkan dana puluhan juta untuk biaya material timbunan jalan. Dana itu dari warga masyarakat desa Pongka, ada bantuan yang berupa uang tunai dan juga sumbangan langsung berupa material timbunan.
Bahkan warga Pongka di rantauan disediakan akses donasi via transfer antar bank,

Leave a Comment

Your email address will not be published.