0 Shares 269 Views
00:00:00
18 Apr

BLT UMKM Rp2,4 Juta Cair Bulan Januari Ini. Berikut Cara Cek Nama

11 Januari 2021
269 Views

JAKARTA- tribuncelebes.com– Penyaluran program Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM Rp2,4 juta masih bergulir di Januari 2021. Jika Anda mengecek secara online di situs e-form BRI ternyata nama Anda tidak ada berikut penjelasan Kemenkop UKM.

Untuk diketahui, program banpres produktif usaha mikro atau BPUM atau BLT UMKM pendaftarannya untuk tahap 2 sudah ditutup, dan kini tibalah penyaluran dana bantuan yang dicairkan sekali salur ini untuk para pendaftar di tahap 2.

BACA JUGA: Pemprov Sulsel Rintis Wisata Kanal Losasri https://tribuncelebes.com/2021/01/11/pemprov-sulsel-rintis-2-wisata-kanal-di-losari/

Dilansir dari situs e-form BRI, berikut cara cek apakah lolos atau tidak sebagai penerima bantuan BLT UMKM Rp2,4 juta,dilansir dari ringtimesbali.pikiran-rakyat.com dan depkop.go.id

– Klik website https://eform.bri.co.id/bpum

– Isi NIK KTP

– Memasukkan jawaban perhitungan matematika untuk proses verifikasi

– Klik proses inquiry

– Selanjutnya, akan keluar pemberitahuan apakah berhak mendapatkan bantuan atau tidak

• Buku tabungan

• Kartu ATM

• Identitas diri (KTP)

• Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan/kuasa penerimaan dana banpres

Jika Anda sudah mengecek ternyata nama Anda tidak ada, Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan bahwa selaku koordinator pelaksana pihaknya hanya menangani aspek pemrosesan data awal atau cleansing untuk menghilangkan kemungkinkan terjadinya data ganda atau tidak sesuai format sebelum dilanjutkan ke verifikator dan validator.

Lembaga penyalur dalam hal ini Bank BRI, BNI dan BNI Syariah akan melakukan proses Know Your Customer (KYC) untuk memastikan kebenaran data penerima bantuan.

Penerima yang telah melewati seluruh proses tersebut wajib menandatangani Surat Pertanggungjawaban Mutlak atas data yang disampaikan.

“Seluruh data usaha mikro yang diusulkan kemudian diproses cleansing atau pembersihan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Dari proses cleansing, kemudian data mendapat proses verifikasi dan validasi di Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kemenkeu dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK,” kata Hanung.

BACA JUGA: Fatwa MUI Soal Vaksin https://tribuncelebes.com/2021/01/09/ini-fatwa-mui-tentang-vaksin-sinovac/

Calon penerima BLT UMKM yang lolos diproses sebagai nominator sebelum ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran sebagai penerima Banpres Produktif.

“BPK juga melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyaluran Banpres tepat sasaran dan tatakelola pelaksanaan yang benar,” kata Hanung. Ia menegaskan semua proses sejak pengajuan usulan, pemeriksaan data dan verifikasi calon penerima bantuan BLT UMKM ini dikoordinasikan dan dikawal oleh BPKP.

Terkait evaluasi ini, Kementerian Koperasi dan UKM terus bersinergi dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)

serta PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) yang terlibat penuh untuk melakukan evaluasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian Koperasi dan UKM telah menyalurkan BLT UMKM dengan realisasi 100 persen kepada 12 juta pelaku usaha mikro dengan nilai anggaran Rp28,8 triliun.

Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman dikutip dari laman website resmi Kemenkop depkop.go.id, mengatakan tata cara penyaluran BPUM Rp2,4 juta ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No 6 Tahun 2020. Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No 6 Tahun 2020, pelaku usaha mikro yang ingin mendaftar harus melalui lembaga pengusul, seperti:

– Bank penyalur

– Koperasi berbadan hukum

– Dinas yang membidangi koperasi dan UKM tingkat provinsi, kabupaten/kota

– Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang telah terdaftar di OJK serta BLU yang mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dana bergulir kepada koperasi dan/atau usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

“Lembaga pengusul bertanggung jawab untuk melakukan verifikasi data calon penerima Banpres Produktif untuk Usaha Mikro,” kata Hanung.

Selanjutnya, bagi pelaku usaha mikro saat mendaftar BLT UMKM katanya cukup melengkapi data usulan yang terdiri dari:

– NIK

– Nama lengkap

– Alamat tempat tinggal sesuai KTP

– Bidang usaha

– Nomor telepon

Setelah melakukan proses pendaftaran di Kantor Dinas Koperasi dan UKM wilayah masing-masing. Peserta menyiapkan KTP dan mengeceknya secara mudah. Anda bisa mengaksesnya secara online di situs e-form BRI.(*)

 

Penulis: Diva

You may be interested

Gisel,Dari Pengakuan, Perceraian, Kecaman Pakar Sosiolog, Warga net Hingga Gurita Bisnisnya (Part-3)
Info Seleb
338 Views
Info Seleb
338 Views

Gisel,Dari Pengakuan, Perceraian, Kecaman Pakar Sosiolog, Warga net Hingga Gurita Bisnisnya (Part-3)

tribuncelebes.com - 9 Januari 2021

Wanita kelahiran 16 November 1990 ini semakin dikenal masyarakat setelah memutuskan menikah dengan putra aktor senior Roy Marten, Gading Marten. Dari hasil pernikahan mereka, lahir seorang putri…

Fakta Fakta Kejahatan Kemanusiaan Pada Konflik Berkepanjangan Ethopia
News
88 Views
News
88 Views

Fakta Fakta Kejahatan Kemanusiaan Pada Konflik Berkepanjangan Ethopia

tribuncelebes.com - 24 Maret 2021

TRIBUNCELEBES.COM- Pertempuran yang kian memanas di Ethiopia kembali terjadi hanya berselang setahun setelah PM Abiy Ahmed Ali menerima Hadiah Nobel Perdamaian karena menyelesaikan konflik perbatasan selama 20…

Konflik Ethiopia, Pemerkosaan Perempuan Suku Tigray Oleh Tentara Eritrea adalah Genosida
Kriminal
82 Views
Kriminal
82 Views

Konflik Ethiopia, Pemerkosaan Perempuan Suku Tigray Oleh Tentara Eritrea adalah Genosida

tribuncelebes.com - 24 Maret 2021

TRIBUNCELEBES.COM- Berdasarkan catatan medis dan kesaksian para penyintas yang dibagikan kepada CNN, para perempuan diperkosa beramai-ramai, dibius, dan disandera. Dalam satu kasus, kelamin seorang perempuan dimasuki batu,…

Februari 2021 Utang RI Bengkak Jadi Rp6.361T
Ekobis
99 Views
Ekobis
99 Views

Februari 2021 Utang RI Bengkak Jadi Rp6.361T

tribuncelebes.com - 24 Maret 2021

TRIBUNCELEBES.COM- Detailnya, utang pemerintah tercatat sebesar Rp6.361 triliun per Februari 2021. Sementara itu, utang BUMN tembus Rp2.140 triliun per kuartal III 2020 lalu. Utang perusahaan pelat merah…

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan

Most from this category