0 Shares 47 Views
00:00:00
19 Jan

Kelompok Bersenjata Papua Membakar Dua Fasilitas BTS Pendukung Internet Puncak

PAPUA- tribuncelebes.com– Kelompok kriminal bersenjata membakar dua fasilitas base transceiver station untuk jaringan 4G di Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (7/1/2021) lalu. Aksi tersebut menyebabkan layanan jaringan internet dari program Palapa Ring Timur tidak berfungsi hingga kini. Dikutip dari Kompas.id

Hal ini disampaikan Kepala Polres Puncak, Ajun Komisaris Besar Dicky Hermansyah Saragih saat dihubungi dari Jayapura, Papua, Senin (11/1/2021).

Dicky mengatakan, dua fasilitas base transceiver station (BTS) yang dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB) berada di dua lokasi yakni, BTS 4 yang terletak di Distrik Omukia dan BTS 5 di wilayah Muara, Distrik Mabuggi.

“Berdasarkan dari hasil penyelidikan sementara dan informasi di lapangan, KKB yang terlibat dalam aksi pembakaran dua BTS tersebut. Namun, kami belum kelompok manakah yang terlibat di balik aksi ini,” papar Dicky.

Ia menuturkan, perbuatan KKB menyebabkan pembangkit daya ke menara tidak terkoneksi dan jaringan radio ke Telkom maupun provider Telkomsel pun terputus. Fasilitas tersebut baru diresmikan pada Desember 2020 lalu.

“Aksi pembakaran dua BTS ini mengakibatkan jaringan 4G Telkom Ilaga terputus serta link Palapa Ring Timur dari Sugapa, Kabupaten Intan Jaya ke Ilaga, Puncak hingga Mulia, Puncak Jaya Terputus,” ungkap Dicky.

Ia menambahkan, jajaran Polres Puncak telah diterjunkan ke sekitar lokasi kejadian. Tujuannya untuk mengejar para pelaku yang terlibat dalam aksi pembakaran dua BTS, ” tuturnya.

Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas  menyesalkan pembakaran fasilitas dua BTS di Kabupaten Puncak Hal ini menyebabkan masyarakat tidak dapat lagi mendapat pelayanan telekomunikasi.

“Untuk membangun saja sudah susah karena medannya dan rawan gangguan keamanan. Seharusnya seluruh pihak di  Puncak melindungi fasilitas tersebut, ” tutur Yan.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM), Sebby Sambom saat dihubungi Kompas menyatakan pihaknya terlibat dalam aksi penyerangan dua fasilitas BTS di Puncak.

“Dengan aksi ini, TPN OPM menyatakan tidak mau menerima fasilitas pemerintah Indonesia di wilayah Papua. Kami tidak butuh fasilitas jaringan telekomunikasi, ” tegas Sebby.

Total sudah terjadi empat kali aksi KKB pada awal tahun ini di Papua. Tiga aksi sebelumnya terjadi pada Rabu (6/1/2021). Pertama KKB Kali Kopi  menembaki helikopter operasional milik PT Freeport Indonesia di areal tambang Distrik Tembagapura, Mimika.

Insiden ini menyebabkan terjadi kebocoran bahan bakar. Sebab, terdapat sebuah lubang kecil di bagian  bawah helikopter dan dekat pintu penumpang bagian kiri.

Penulis: Edhy

You may be interested

Gisel,Dari Pengakuan, Perceraian, Kecaman Pakar Sosiolog, Warga net Hingga Gurita Bisnisnya (Part-3)
Info Seleb
249 Views
Info Seleb
249 Views

Gisel,Dari Pengakuan, Perceraian, Kecaman Pakar Sosiolog, Warga net Hingga Gurita Bisnisnya (Part-3)

tribuncelebes.com - 9 Januari 2021

Wanita kelahiran 16 November 1990 ini semakin dikenal masyarakat setelah memutuskan menikah dengan putra aktor senior Roy Marten, Gading Marten. Dari hasil pernikahan mereka, lahir seorang putri…

Jubir Kasim Ketua PANNA Sulsel Membangun Jaringan Dengan Kodam XIV Hasanuddin Makassar
News
104 Views
News
104 Views

Jubir Kasim Ketua PANNA Sulsel Membangun Jaringan Dengan Kodam XIV Hasanuddin Makassar

tribuncelebes.com - 18 Januari 2021

MAKASSAR-tribuncelebes.com-- Dewan Pimpinan Wilayah(DPW) PANNA (Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha) melakukan kunjungan audiensi di Kodam XIV Hasanuddin, Senin 18/01/2021 Kunjungan DPW PANNA ini diterima Letkol INF Arif…

Gelombang Tinggi Terjang Manado
Info Desa
69 Views
Info Desa
69 Views

Gelombang Tinggi Terjang Manado

tribuncelebes.com - 18 Januari 2021

MANADO- tribuncelebes.com-- Di Kawasan Megamas misalnya, ombak sudah tinggi bahkan sudah mencapai jalan. Informasi yang didapat dari warga, L Max Tamasoleng yang ada ditempat  ombak sudah naik…

9 Kecamatan 6 Tewas Diterjang Banjir dan Longsor di Manado
Info Desa
78 Views
Info Desa
78 Views

9 Kecamatan 6 Tewas Diterjang Banjir dan Longsor di Manado

tribuncelebes.com - 18 Januari 2021

MANADO- tribuncelebes.com--Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, Donald Sambuaga mengatakan, sebanyak sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado jadi daerah terdampak banjir, dan tanah…

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan

Most from this category