0 Shares 124 Views
00:00:00
19 Jan

Kemendes PDTT Percepat BLT Dana Desa di Januari 2021

11 Januari 2021
124 Views

JAKARTA- tribuncelebes.com— Hal ini juga disampaikan oleh Wakil ketua DPR RI Aziz Syamsudin yang meminta kementerian desa pembangunan desa tertinggal dan transmigrasi  (Kemendes PDTT) melakukan evaluasi secara konferhensif terhadap penyaluran dana desa 2020.

BACA JUGA: BLT UMKM Cair Januari, Ini Cara Cek Nama 

“Evaluasi haru segera dilakukan sehingga percepatan dana desa yang dimulai pada Januari 2021 berjalan efektif dan efisien. Jangan sampai ada data desa fiktif yang bermasalah masih menerima dana desa,” kata Azis Syamsudin,dikutip dari ringtimesbali.pikiran-rakyat.com

harus memastikan aparat desa menggunakan sistem informasi desa yang terintegrasi keseluruh desa melalui https://sid.Kemendesa.go.id

Dikutip dari Ringtimesbali.com dari laman Antaranews.com, Rabu, 6 Januari 2021 Aziz Syamsudin  juga meminta bahwa Kemendes PDTT harus melakukan evaluasi sehingga mempercepat dana desa.

BACA JUGA: Data Lengkap Penumpang Pesawat Sriwijaya SJ-182

Sesuai dengan peratuan Menteri Desa PDTT Nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 terutama desa aman Covid-19 dan BLT desa.

Selain itu Kemendes PDTT dapat mengawasi upaya terpadu aparat dalam mewujudkan peruntukan yang sesuai dengan target.

BLT (Bantuan Langsung Tunai) ini telah ada sejak tahun 2020 saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. BLT dana desa ini sudah dilakukan menyeluruh di desa hingga kepelosok desa.

Bantuan Langsung Tunai (BLTdana desa ini dilakukan pemerintah untuk meringankan masyarakat dari adanya dampak pandemi Covid-19 yang semakin merajalela.

Lihat Juga Channel Youtube tribuncelebes.com

Bahkan pemerintah sudah salurkan sebanyak Rp18 triliun lebih untuk BLT dana desa. Ini juga merupakan salah satu kegiatan pendukung resilensi ekonomi desa melalui adanya BLT. Selain mendukung adanya resilensi ekonomi desa, dari adanya BLT dana desa juga dapat menyongsong, serta pembangkit pertumbuhan ekonomi desa sendiri.

Jadi dengan andanya BLT dana desa ini bisa memulihkan ekonomi nasional, dimana seseorang yang mendapatkan dana desa dapat digunakan untuk membentuk, mengembangkan, dan merevitalisasi desa.

Sebagaimana unggahan dalam kanal instragram kemendespdtt, pada 7 Januri 2021 Bahkan Wamendes, Budi Arie Setiade juga mengatakan mengenai BLT dana desa. 

BACA JUGA: Hasil telusur sejumlah bisnis Gisel yang membuatnya jadi artis milyarder

Jadi, pada bulan Januari 2021 ini bantuan langsung tunai (BLTdana desa ini harus benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Nominal  minimal dana desa yang telah diberikan pada tahun 2021 adalah sebesar Rp300 ribu rupiah setiap bulannya bagi keluarga penerima manfaat (PKM).

BACA JUGA: BLT UMKM Cair Januari, Ini Cara Cek Nama 

Kini adanya bantuan sosial (bansos) BLT dana desa yang ada sejak 2020 hingga diperpanjanga sampai dengan 2021 menjadi kesempatan bagi mereka yang membutuhkannya.

Bantuan dana desa yang sudah ada sejak tahun 2020 ini diberikan kepercaan kepada desa untuk mengelola termasuk dalam penyaluran BLT DD-nya.

BACA JUGA : Gus Menteri Desa Refleksi Akhir Tahun Dana Desa

Selain itu dari adanya penyaluran BLT DD yang diperpanjang ini dapat semakin aktif dan mengembangkan ekonomi desa(*)

Penulis: Om_agu

You may be interested

Gisel,Dari Pengakuan, Perceraian, Kecaman Pakar Sosiolog, Warga net Hingga Gurita Bisnisnya (Part-3)
Info Seleb
249 Views
Info Seleb
249 Views

Gisel,Dari Pengakuan, Perceraian, Kecaman Pakar Sosiolog, Warga net Hingga Gurita Bisnisnya (Part-3)

tribuncelebes.com - 9 Januari 2021

Wanita kelahiran 16 November 1990 ini semakin dikenal masyarakat setelah memutuskan menikah dengan putra aktor senior Roy Marten, Gading Marten. Dari hasil pernikahan mereka, lahir seorang putri…

Jubir Kasim Ketua PANNA Sulsel Membangun Jaringan Dengan Kodam XIV Hasanuddin Makassar
News
104 Views
News
104 Views

Jubir Kasim Ketua PANNA Sulsel Membangun Jaringan Dengan Kodam XIV Hasanuddin Makassar

tribuncelebes.com - 18 Januari 2021

MAKASSAR-tribuncelebes.com-- Dewan Pimpinan Wilayah(DPW) PANNA (Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha) melakukan kunjungan audiensi di Kodam XIV Hasanuddin, Senin 18/01/2021 Kunjungan DPW PANNA ini diterima Letkol INF Arif…

Gelombang Tinggi Terjang Manado
Info Desa
69 Views
Info Desa
69 Views

Gelombang Tinggi Terjang Manado

tribuncelebes.com - 18 Januari 2021

MANADO- tribuncelebes.com-- Di Kawasan Megamas misalnya, ombak sudah tinggi bahkan sudah mencapai jalan. Informasi yang didapat dari warga, L Max Tamasoleng yang ada ditempat  ombak sudah naik…

9 Kecamatan 6 Tewas Diterjang Banjir dan Longsor di Manado
Info Desa
78 Views
Info Desa
78 Views

9 Kecamatan 6 Tewas Diterjang Banjir dan Longsor di Manado

tribuncelebes.com - 18 Januari 2021

MANADO- tribuncelebes.com--Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, Donald Sambuaga mengatakan, sebanyak sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado jadi daerah terdampak banjir, dan tanah…

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan

Most from this category