0 Shares 162 Views
00:00:00
20 Sep

Tanda Hari Kiamat Menurut Islam, Nasrani dan Yahudi

TRUBUNCELEBES.COM– Dalam Setiap agama dan keyakinan mempercayai adanya kondisi berakhirnya alam semesta ini atau biasa disebut kiamat atau akhir jaman, Pada hari kiamat, manusia dan juga seluruh makhluk akan mengalami akhir dari peradaban dunia.Mengenai waktu terjadinya, tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui kapan terjadinya hari kiamat tersebut. Bahkan Rasulullah SAW tidak mengetahui kapan terjadinya hari kiamat tersebut. Hari kiamat merupakan ketetapan yang hanya Allah SWT sajalah yang mengetahuinya.

1   -Tanda-tanda Hari Kiamat Menurut Islam

Tanda-tanda hari kiamat sendiri disebutkan dalam berbagai surat di Alquran dan dikhususkan dalam surat Al Qariah. Ada juga beberapa dalil hadits yang membahasnya. Sebenarnya ada berbagai pendapat dari para ulama terkait urutan terjadinya tanda-tanda kiamat.

Imam Al-Qurtubi mengatakan, tanda-tanda kiamat besar yang disebutkan secara bersamaan dalam hadis-hadis tidaklah berurutan, tidak terkecuali riwayat Muslim dari Hudzaifah. Dilansir dari NU Online, berikut ini beberapa penjelasan dari tanda-tanda hari kiamat yang dapat Anda ketahui.

Salah satu hadits sahih yang berkaitan dengan kiamat yang pasti adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahihnya dan juga diriwayatkan oleh beberapa perawi hadits serta diakui oleh para ulama adalah hadits sebagai berikut:

Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’

Ia bersabda,‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dabbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jamius Sahih [Beirut, Darul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Tanda-tanda hari kiamat dalam hadits ini disebut sebagai tanda-tanda kiamat kubra (hari akhir). Ada sepuluh tanda kiamat yang disebutkan dalam hadits ini. Pertama, Munculnya kabut (dukhan); Kedua, Munculnya Dajjal; Ketiga, Munculnya Dabbah; Keempat, Terbitnya matahari dari barat; Kelima, Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj; Keenam, Munculnya Isa bin Maryam; Ketujuh, Adanya tiga gerhana di timur; Kedelapan, gerhana di barat; Kesembilan, gerhana di jazirah Arab; Kesepuluh, adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

Banyak Perbedaan terkait Tanda-Tanda Kiamat, Menurut Ulama Imam Al-Qurthubi menyebutkan bahwa ada hadis lain yang menyebutkan tanda-tanda tersebut secara berurutan, yakni hadis Muslim dari Hudzaifah dalam riwayat yang berbeda, yang menyebutkan bahwa tanda yang pertama kali muncul adalah tiga gerhana.

Oleh Al-Qurthubi kejadian ini sudah pernah terjadi di masa Rasulullah SAW. Sedangkan tanda-tanda setelahnya masih banyak diperdebatkan urutannya. (Muhammad Syamsul Haq Abadi, Aunul Mab’ud Syarh Abu Dawud, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah: 1415 H], juz XI, halaman 290-291).

Bisa juga kejadian yang sama akan terjadi di masa mendatang karena Rasulullah SAW sendiri tidak mengetahui kapan tanda-tanda tersebut terjadi. Hal ini sesuai dengan yang telah disebutkan oleh Al-Quran Surat Al-A’raf ayat 187 ketika Rasulullah SAW ditanya kapan terjadinya kiamat.

Yang artinya, “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.’” Dilansir dari merdeka.com

2-Tanda Kiamat Menurut Agama Nasrani

Tanda-tanda kiamat menurut Kristen atau yang sering disebut sebagai akhir zaman adalah periode waktu dimana dunia ini akan musnah. Hal ini dipercayai oleh agama-agama dominan di dunia, baik Abrahamik maupun non-Abrahamik. Pada akhir zaman, tidak ada lagi mujizat Tuhan Yesus.

Dalam Kristen, akhir zaman digambarkan sebagai peristiwa kesengsaraan makhluk di Bumi. Dimana peristiwa ini datang sebelum kedatangan Kristus yang kedua kalinya ke dunia, yang akan menghadapi anti-Kristus dan menghantarkannya ke Kerajaan Allah.

Ayat Alkitab tentang tanda-tanda akhir zaman juga terdapat dalam Matius 24:15-22 dan

Lukas 21:20-33. Kitab Suci mengatakan bahwa Yesus akan datang untuk yang kedua kalinya. Hanya saja, tidak ada penjelasan jelas kapan peristiwa itu akan terjadi. Dengan fenimena alam dan social sbb

Malapetaka dan Bencana Alam. Jika diamati, belakangan ini banyak terjadi bencana alam dan malapetaka yang merampas banyak hidup manusia. Bencana alam ini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan di seluruh dunia, Hal ini diperkuat oleh Kitab Lukas 21:11 “dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan, dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.”

Kelaparan, Kemiskinan, dan Penyakit. Markus 13:14-20 “Apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatuhnya – para pembaca hendaklah memperhatikannya – maka orang-orang yang di Yadea haruslah melarikan diri ke pegunungan.

Kekerasan di Luar Kontrol. Masih ingatkah kamu cerita tentang Nabi Nuh? Pada zaman Nabi Nuh, kekerasan merajalela dimana-mana yang hampir sama dengan tanda-tanda kiamat menurut Kristen. Tak ada satu orangpun yang menghiraukan sesamanya.

Kemerosotan Moral. Saat melihat keadaan sekitar, kita sering bertanya “kemanakah dunia ini akan berlanjut?” Banyak kejadian sosial yang menonjol yang mengancam kehidupan manusia.

Seks bebas, kawin cerai, perampokan, pencurian, pemerkosaan, kenakalan remaja, narkotika, dan pembunuhan adalah contoh kemerosotan moral yang terpampang nyata dalam kehidupan saat ini. Hidup menurut hawa nafsu, bukan lagi menurut ajaran Tuhan dalam Alkitab

Penyebaran Ajaran Palsu Secara Global. Selain penyebaran Injil secara besar-besaran, penyebaran dan ajaran nabi palsu juga telah mulai bermunculan. Selain itu, maraknya penyebaran agama palsu dan merosotnya pengetahuan tentang sejarah Gereja.

Tanda-Tanda yang Datang dari Langit. Lukas 21:25-26 “Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.”

Sebelum akhir zaman benar-benar terjadi, nubuat Matius 24:42 berkata “Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.”

3- Tanda tanda Kiamat Menurut Yahudi

Tanda-tanda yang dipercaya oleh orang Israel. Dengan Muncul Ulat  di Tembok Barat Israel, di yakini Kiamat dan Isa Almasih akan Datang?  Ini Penjelasannya hanya membaca fenomena alam untuk memprediksi kapan hari kiamat itu akan terjadi.

Namun, kita bisa memprediksi kapan kiamat itu datang lewat tanda-tanda yang alam tunjukkan pada kita. Salah satunya adalah tanda-tanda yang dipercaya oleh orang Israel.

Orang Yahudi di Israel percaya kalau salah satu tanda hari akhir sudah semakin dekat adalah munculnya ular di Western Wall of Jerusalem atau tembok barat Yerusalem .

Masyarakat Israel mempercayai kalau munculnya ular di tembok barat tersebut berkaitan dengan kemunculan mesias atau Isa Almasih.

Menurut masyarakat setempat, ular memiliki personifikasi kecenderungan jahat. Sedangkan merpati adalah simbol burung yang suci.

Daily Mail pernah menceritakan tentang seorang Blogger Ibrani, yang mengatakan, ketika orang-orang mencari perlindungan di Bukit Bait Suci, orang-orang Yahudi akan dilindungi perintah Taurat.

Ketika merpati keluar dari batu, atau orang-orang menjauh dari Taurat, mereka dalam bahaya, atau jika ular menyerang merpati, itu menandakan hal bahaya akan terjadi.

Kejadian ini juga dihubungkan dengan serangkaian insiden kenabian dan lainnya. Ditafsirkan bahwa Gunung Bait, yang terletak di Kota Tua Yerusalem adalah tempat yang dihormati tiga agama, yakni: Islam, Kristen dan Yahudi.

Tahun 2018, ketika insiden ular vs merpati, terjadi awan besar mengepul dari Kuil Mount Compound, mengelilingi kubah batu selama beberapa menit. Menurut Rabi (Agamis agama Yahudi), debu ini mengungkap konflik yang terjadi secara spiritualis.

Bagi umat Yahudi, kemunculan ular secara tiba-tiba di tempat paling suci membuat koneksi antara Adam dan Hawa dan meramalkan kedatangan Isa Almasih. Sedangkan menurut keyakinan Yahudi, kedatangan Isa ini adalah pertanda buruk karena menunjuukan semakin dekatnya kita dengan hari kiamat.

Salah satu insiden yang paling menggemparkan terjadi pada 1 November 2018. Tiba-tiba ular muncul di tembok bait, Yerusalem ketika orang-orang sedang berdoa. Ular dengan panjang hampir lima kaki muncul dan memakan burung, tikus, kadal, dan ular lainnya.

Kejadian tersebut bukanlah kali pertama terjadi. Sebelumnya batu seberat 220 pon runtuh dari dinding, hampir menimpa seorang cewek yang lagi berdoa di bawah.

Melihat kejadian tersebut, Kabbalis Yahudi menyebut, kuil ketiga harus dibangun. Karena batu jatuh pagi hari setelah Tisha B’Av.

Tisha B’Av adalah hari puasa tahunan Yudaisme dan dianggap paling penting bagi Yahudi, di mana bencana penting termasuk penghancuran kuil Solomon oleh Neo-Babilonia dan penghancuran Kuil kedua oleh Romawi.(*)

Dikutip dari berbagai sumber

FOLLOW & SUBSCRIBE

Most from this category